Jumat, 08 November 2013

[Foto] BYJ Mengikuti Pelatihan dan Kursus Q-Grader (Part 1)

Kredit: Dimuat di Soompi BYJ thread oleh Dam Su (sumber: Coffee Quality Institute FB), diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia oleh Meytamaria untuk http://byjindofam.blogspot.com [Mohon kredit ditulis lengkap bila dimuat lagi ditempat lain].


Foto-foto saat Bae Yong Joon mengikuti Kursus dan Pelatihan untuk mendapatkan Sertifikat Q-Grader di Vis-a-Vis Coffee Lab., South Korea, 8-13 Oktober 2013.








DamSu: Aku mendengar Yong Joon sudah lulus ujian kualifikasi dan sudah bersertifikat Q-grader. Menurut beberapa rumor, ujian kualifikasi untuk sertifikasi ini sangat sulit dengan hanya 10% tingkat kelulusan. Anda perlu mengambil 22 ujian untuk menjadi Q-grader. Jadi apa itu Q-grader? Q-grader bukan hanya sertifikasi biasa. Menurut yang saya baca, Q-grader adalah orang yang sudah dianggap ahli di bidang kopi. Seseorang yang bisa membedakan antara kopi yang super baik dan kopi yang baik. Q-grader bisa mengetahui jika sekumpulan biji kopi yang masih hijau dan belum dipanggang memiliki potensi untuk menjadi secangkir kopi yang nikmat atau secangkir kopi yang biasa-biasa saja. Sertifikasi ini juga diakui secara internasional. Jika industri anggur memiliki sommeliers, industri kopi memiliki Q-grader. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda mungkin ingin klik LINK ini.

***

5 komentar:

  1. Hwaaa, oppa suka kopi jugaa....darah Indonesianya kental sekali yaa....^^

    BalasHapus
  2. Hi sis Cyang... makasih ya selalu rajin mengunjungi blog sini. Iyaaa, dia itu apaaaaa aja mau dipelajari ya. Salut! Sis Cyang, kapan dong nulis untuk blog lagi? Kangen nih tulisannya... Masa nulisnya di wall facebook aja? Pindahin kesini dongg... Pleasee....

    BalasHapus
  3. Hehehe, blm ada tulisan yg bagus mey...makanya nulis di wall FB aja dulu....^^

    BalasHapus
  4. Bener, Mey....Cyang, kontribusinya ditunggu yaaaa !! Makasi ya Mey untuk terjemahan ini....yang namanya Bae Yong Joon selalu serius mendalami sesuatu....photography, nulis buku, belajar tentang wine dan sekarang tentang kopi !!! Ck ck ck.....daebak !

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu hal lagi yang membuktikan kalo banyak hal dari Bae Yong Joon yang pantas dikagumi, selain dari ketampanannya. heheee...

      Hapus